02 December 2015

Asuransi Atau Investasi, Yang Mana Duluan Yah?

Asuransi atau investasi lebih dulu?


Asuransi dan Investasi, keduanya memiliki peran sangat penting dalam teori perencanaan keuangan . Namun, sebelum kita mulai membahas mana yang perlu didahulukan, ada baiknya kita memahami definisi dari Asuransi dan Investasi itu sendiri.
"Asuransi adalah perjanjian antara kedua pihak, perusahaan asuransi (penanggung) dan pembeli asuransi (tertanggung) yang mewajibkan tertanggung membayar sejumlah premi untuk memberikan jaminan penggantian keuangan atas risiko kerugian, kerusakan, kematian atau kehilangan yang mungkin terjadi atas peristiwa yang tak terduga."
"Investasi atau penanaman modal adalah suatu istilah dalam keuangan dan ekonomi yang berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan harapan memperoleh keuntungan pada masa yang akan datang."


Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa Asuransi bukanlah menabung atau berinvestasi melainkan sebuah bentuk jaminan, perlindungan atau proteksi. Sebuah mekanisme pengalihan risiko dari pihak nasabah (tertanggung) kepada pihak perusahaan Asuransi (penanggung). Dengan syarat,  tertanggung membayar sejumlah premi yang nilainya sangat kecil bila dibandingkan dengan potensi kerugian yang mungkin diderita. Umumnya, Asuransi dapat dikategorikan menjadi Asuransi Jiwa, Asuransi Kesehatan, Asuransi Kecelakaan, Asuransi Penyakit Kritis, Asuransi Cacat Total Tetap.

Investasi, sebuah kata yang sangat populer dan praktiknya sangat digemari oleh semua orang untuk mencapai berbagai tujuan finansial di masa depan. Investasi sendiri pun terbagi menjadi dua jenis, yaitu investasi sektor riil dan sektor finansial. Investasi sektor rill contohnya membeli logam mulia, tanah, bangunan, rumah, toko, perusahaan atau pabrik dan sebagainya. Investasi sektor finansial contohnya saham, obligasi, surat berharga, reksa dana dan sebagainya.
Kembali ke topik awal, jika dana yang dimiliki terbatas, lantas mana yang sebaiknya menjadi prioritas? Apakah investasi atau memiliki Asuransi?

Asuransi wajib menjadi prioritas. Sebab ketika kondisi darurat atau risiko terjadi, Asuransi menjadi sebuah benteng pertahanan yang dapat melindungi kelangsungan hidup dan aset keluarga yang sudah dikumpulkan dengan jerih payah selama ini. Asuransi ibarat payung perlindungan dan manfaatnya baru akan terasa di waktu seseorang mengalami risiko, musibah atau keadaan darurat.

Jika pencari nafkah di keluarga anda meninggal dunia atau menderita penyakit kritis atau menderita cacat total tetap yang membuatnya tidak mampu bekerja lagi. Bayangkan seberapa besar dampak finansial dari kejadian tersebut terhadap anggota keluarga lainnya? Mungkin rumah, mobil atau aset lainnya perlu dijual untuk biaya hidup, yang paling buruknya mungkin gaya hidup dan pendidikan anak juga perlu dikorbankan.

Bagaimana jika investasi yang didahulukan?

Segala bentuk investasi memiliki risiko, hasil investasi bisa naik dan bisa juga turun, tergantung kondisi pasar dan ekonomi sebuah negara. Disaat investasi belum berbuah apalagi merugi, kemudian terjadi risiko yang tak terduga pada keluarga, investasi harus segera dicairkan dengan menderita kerugian dan dikhawatirkan nilai tersebut pun tidak dapat untuk memenuhi seluruh kebutuhan darurat. Alhasil simpanan dana darurat habis terpakai dan investasi pun harus menjadi korban.

Jika investasi sudah berkembang namun tidak memiliki Asuransi. Apa kiranya yang akan terjadi sewaktu risiko itu datang? Aset yang anda pelihara selama ini menjadi rentan, tidak mempunyai pertahanan dan payung perlindungan yang mungkin harus dikorbankan atau dijual cepat dibawah harga pasar untuk membiayai keadaan darurat yang timbul. Pada akhirnya, dimana investasi anda?


Asuransi bukan menanggung akibat, melainkan menjamin ketenangan batin (peace of mind) dan mengamankan kondisi keuangan (financial security). Jadi, yang dilindungi adalah aset, nilai ekonomi dan perasaan tenang nasabah bila seandainya terjadi suatu risiko fatal pada dirinya, maka kerugian dan dampak secara finansial akan ditanggung oleh pihak lain yaitu perusahaan asuransi.

Jika membutuhkan perlindungan terhadap aset, keuangan dan gaya hidup keluarga anda atau membutuhkan konsultasi dengan Agen Asuransi berlisensi, hubungi:

Yoseph Francis

MDRT Financial & Protection Specialist
Yoseph@Manulife.co.id
0811 818 689 (WA/ Telp )
BBM 51E52EED (BBM)

0 comments:

Post a Comment